Misteri Zamanku

Misteri Zamanku, ajang diskusi tentang berbagai topik yang berkaitan dengan sejarah, budaya tradisi, spiritual, iptek, kisah-kisah misteri dan topik hangat lainnya. Misteri di masa lalu, masa kini, dan di masa depan. Mari kita kuak selubung misteri kehidupan di Bumi bersama-sama.

4 Maret 2011

Lambang Swastika


Swastika diyakini sebagai salah satu simbol tertua di dunia, telah ada sejak 3.000 SM. Swastika (bahasa Sanskerta, bermakna kebaikan, keberuntungan atau kesejahteraan), adalah simbol relijius dalam agama Hindu, Buddhisme dan Jainisme, berasal dari peradaban Lembah Indus pada masa India kuno. Swastika juga melambangkan kehidupan, matahari, dan kekuatan. Sedangkan menurut feng shui, Swastika menunjukkan simbol enerji yang memancar keluar.

Di berbagai negara, ditemukan aneka benda-benda bersejarah yang bersimbolkan Swastika. Lambang ini pada 1.000 SM pernah digunakan oleh Mesir Kuno. Beberapa artefak dari bangsa Troy kuno juga menggunakan simbol ini, berupa temuan tembikar dan koin. Pada abad pertengahan, lambang Swastika disebut dalam berbagai macam nama. China menyebutnya wan, Inggris: fylfot, Jerman: Hakenkreuz, dan Yunani: tetraskelion dan gammadion.

Lalu kenapa kaum nasionalis Jerman menjumput Swastika yang merupakan simbol relijius bagi umat Hindu? Itu karena orang Jerman kala itu meyakini bahwa mereka adalah keturunan bangsa Arya. Mulai 1920, dipakailah simbol tersebut, dengan bentuk "clockwise". Jadi beda dengan Swastika yang menjadi simbol umat Hindu yang berbentuk "counter clockwise".

Ada juga pendapat bahwa Hitler di masa kecil adalah penggemar buku-buku karya Karl May. Dalam ilustrasi di buku tersebut ada beberapa gambar Swastika yang digunakan sebagai simbol oleh suku Indian di Amerika Utara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar