Misteri Zamanku

Misteri Zamanku, ajang diskusi tentang berbagai topik yang berkaitan dengan sejarah, budaya tradisi, spiritual, iptek, kisah-kisah misteri dan topik hangat lainnya. Misteri di masa lalu, masa kini, dan di masa depan. Mari kita kuak selubung misteri kehidupan di Bumi bersama-sama.

1 Maret 2011

Dimanakah Taman Eden, Firdaus itu?


Dimanakah Taman Eden, Firdaus itu? Gagasan tentang Firdaus (bhs Inggris: paradise), rumah tinggal manusia pertama versi Torat atau Pentateuch (Islam: Taurat), dijumput dari tradisi peradaban tua, seperti Persia/Mesopotamia. Kata Firdaus berasal dari bahasa Persia Kuno, 'pairidaeza' (taman yang dikelilingi tembok). Bahasa Yunani menyebutnya 'paradeisos' yang dipakai untuk menyebut taman para raja-raja Persia/ Mesopotamia. Septuaginta (LXX) atau naskah Perjanjian Lama menerjemahkan kata tersebut dengan 'gan'eden'.

Tradisi Taurat & Persia Kuno sampai pada kesimpulan bahwa Taman Eden berada di antara Sungai Tigris, Sungai Eufrat di Mesopotamia Selatan. Ada juga pendapat Taman Eden berlokasi di Sungai Gihon dan Sungai Pison. Sejumlah sumber condong menyebut Gihon berada di wilayah Ethiopia (Afrika) sekarang, dan Pison berada di jazirah Arab.

Sebuah lempeng yang menggambarkan keadaan Taman Firdaus telah ditemukan dari peninggalan kuno yang ditemukan di Eufrat. Lempeng itu dinamai 'fresco firdaus' atau 'investiture fresco'. Cerita tentang lempeng ini banyak bersesuaian dengan cerita Alkitab. Bedanya, dalam lempeng tersebut yang menjadi tokoh adalah raja-raja. Dalam kisah penciptaan versi Pentateuch, yang menjadi tokoh adalah manusia sebagai tuan dari semua ciptaan.

Dalam kitab Perjanjian Lama, Eden selalu disebut dengan Taman Eden atau gan' eden. Mengacu pada masa lalu, suatu tempat tidak memiliki kaitan eskhatologis seperti yang kemudian berkembang. Kemudian orang Yahudi percaya bahwa Firdaus ada pada zaman mereka, hanya tersembunyi.

Dalam Perjanjian Baru, pengertian paradeisos sudah mengacu pada pemaknaan yang terakhir. Kata Yesus (Isa) kepada penjahat di sebelah kanannya: "Sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus." Maknanya tidak lagi taman dalam konteks purba.

1 komentar:

  1. Sesudah Yesus bangkit dari kematian, dia naik ke mana?

    Kalau dikatakan bahwa Yesus naik ke surga.

    Sedangkan Yesus katakan kepada orang yg telah bertobat itu, bahwa akan bersama-sama denganNya. Berarti orang itu juga akan bersama-sama dengan Yesus masuk/naik ke surga.

    Bahasa yg digunakan Yesus adalah firdaus. Jadi kesimpulannya Firdaus itulah istilah untuk Surga.

    Bandingkan dengan Wah. 2:7, "Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yg ada di Taman Firdaus Allah."

    BalasHapus