Misteri Zamanku

Misteri Zamanku, ajang diskusi tentang berbagai topik yang berkaitan dengan sejarah, budaya tradisi, spiritual, iptek, kisah-kisah misteri dan topik hangat lainnya. Misteri di masa lalu, masa kini, dan di masa depan. Mari kita kuak selubung misteri kehidupan di Bumi bersama-sama.

2 Maret 2011

Apakah Sains itu?

Ilmu (Sains, Science), atau ilmu pengetahuan, adalah seluruh usaha dengan kesadaran untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berpikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi. Contoh: Ilmu Alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal yang bahani (materiil saja) atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika membatasi lingkup pandangannya ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang konkret.





Untuk menjadikan seonggok ide sebagai ilmu atau sains (science) dibutuhkan suatu proses pemilahan yang ketat, pembuktian secara terinci dan akurat, juga pengawasan ekstensif secara ilmiah sebelum ide tersebut dapat diterima sebagai fakta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar